Mengapa Vaksin Campak Bisa Cegah Kematian pada Anak? Ini Penjelasan Menurut Ahli!

gambar vaksin

gambar vaksinKEMATIAN biasanya disebabkan oleh penyakit. Namun, kematian karena penyakit yang sebenarnya bisa dicegah oleh vaksinasi adalah hal yang sulit diterima. Di sinilah perlunya kesadaran pada masyarakat untuk membawa anak mereka ke rumah sakit atau unit kesehatan lainnya untuk mendapatkan vaksinasi.

Vaksinasi memang diperlukan oleh tubuh agar terhindar dari suatu penyakit. Walaupun terlihat sederhana, pemberian vaksin bisa berdampak besar. Sejak masih bayi, anak-anak disarankan untuk menerima imunisasi, salah satunya vaksin campak.

Dalam setahun terakhir, setidaknya ada 35 orang di Inggris yang meninggal karena menderita penyakit campak. Direktur regional WHO untuk Eropa, Dr Zsuzsanna Jakab mengatakan, “Walaupun pemberian vaksin campak terbilang efektif dan aman, namun campak masih menjadi penyebab utama kematian pada anak-anak di seluruh dunia. Saya mendesak semua negara endemik untuk menghentikan penularan campak,” seperti yang dikutip dari BBC, Jumat (14/7/2012).

Dr Jakab mengimbau agar setiap negara menganjurkan imunisasi pada warganya untuk mencegah penyebaran virus campak. Campak adalah penyakit menular tapi bisa dicegah dengan vaksinasi. Salahnya pengertian mengenai pemberian vaksin campak yang bisa menyebabkan autisme juga harus dihentikan.

Campak disebarkan melalui kontak langsung dan udara. Mereka yang tidak divaksinasi campak berisiko tinggi terkena penyakit ini. Vaksin campak biasanya diberikan dua kali agar terhindar dari penyakitnya. Saat seseorang terkena campak, biasanya mengalami gejala demam tinggi, kedinginan, dan timbul ruam di kulit.

(ren)

Write a comment